Lebaran usai, kembali ke aktivitas biasanya. Tetep Semangat

    14 Januari, 2007

    Kepiting Bule

    Kini ada sesuatu yang dalam keluarga crustacea. Sesuatu yang baru itu adalah ditemukannya hewan yang mirip dengan kepiting. Hewan yang baru ini ditemukan di Lautan Pasifik oleh para nelayan. Bentuk hewan sangat unik dan sangat berbeda dengan kepiting. Capinya lebih panjang dari capit kepiting biasa. Tidak itu saja, seluruh tubuhnya dibaluti oleh warna pirang dan diberi nama oleh para peniliti Prancis Kiwa hirsuta. Kiwa hirsuta terlihat seperti bule. Kepiting bule ini memiliki panjang sekitar 15 centimeter atau sebesar piring salad.

    Pada bagian tubuhnya terdapat daya tarik tersendiri, seperi pada kakinya yang ditumbuhi bulu yang pirang. Dan capitnya juga ditumbuhi oleh bulu yang sedikit lebih lebat dari bulu kakinya dengan badang agak berwarna putih. Semua bulu halus yang berwarna pirang ini ternyata sangat lembut .

    Kepiting yang dikatakan aneh ini ditemukan pada kedalaman 2.298 meter di sebuah wilayah sekitar 1.440 kilometer sebelah selatan Pulau Easter tahun lalu. Para peniliti dari Prancis memutuskan untuk memasukkan hewan ini kedalam keluarga dan genus yang baru. Temuan crustacea baru itu dijelaskan dalam journal Museum Sejarah Alam Nasional Paris edisi Selasa (7/3). Kepiting berbulu ini berwarna putih dan panjangnya sekitar 15 centimeter atau sebesar piring salad. Keunikan inilah yang menjadikan Kiwa hirsuta terkenal dengan bulu dicapitnya sekaligus membuat para peneliti heran. (AP, Rahmadanil, SMA Semen Padang)

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Anda pengunjung ke:
    Free Hit Counter
    HTML Hit Counters



    Free chat widget @ ShoutMix

    GOVERMENT LINKS



    Go.Blognya Den Daniel | Catatan Harian, Cuap-Cuap, dan Berbagi Cerita di sini Copyright © 2010 All Rights Reserved